Jambi, Tiga Orang Dosen Institut Agama Islam Tebo atas Nama Apriany Hernida, S.H,.M.H, Sesti Novalina, M.Pd dan I l h a m, M.Pd mengikuti SHOR TCOURSE yang tergabung di 2.500 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP). Giat ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) Uniersitas Islam Negeri Sulthan Taha Saifuddin Jambi Tahun 2023 dimulai pada tanggal, 14-19 Agustus 2023 yang bertempat bertempat di BW Luxury Hotel Jambi.
Shor Tcourse dibuka Menteri Agama yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Selasa (15/8/2023). Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini meminta PKDP dijadikan wahana memperkuat profesionalitas dosen PTK.
“Dosen profesional adalah yang konsisten mengejawantahkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan,” katanya.
Di hadapan ribuan dosen pemula, Ramdhani menambahkan, inovasi juga berarti memberi solusi dan menemukan cara terbaik, mengisi ruang kosong atas problem-problem pendidikan dan pembelajaran.
Tentang makna tanggung jawab, Kang Dhani menguraikannya dengan “6C”, yaitu care (peduli), compassionate (kasihsayang), communication (komunikasi), courage (berani), collaboration (kolaborasi), dan competent (mampu).
Dalam pelaksanaan Short Course tahap ke dua (Peningkatan kompetensi Dosen Pemula) dilingkungan UIN Sutha Jambi ini seluruh peserta akan dibekali beberapa materi salah satunya materi tentang Evaluasi pembelajaran, adapun tujuannya adalah untuk membekali dosen pemula dalam melakukan suatu proses pengumpulan dan analisis data mengenai hasil belajar mahasiswa untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan pengembangan dan perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang setelah mereka selesai mengikuti semua tahapan-tahapan selama mengikuti pelatihan nantinya. ungkap Dr.Ilyas, M.Ag selaku narasumber pada materi tentang Ealuasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran melibatkan pengumpulan data tentang kinerja siswa, seperti nilai ujian, tugas, proyek, dan kinerja kelas. Data ini kemudian dianalisis untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan untuk membuat rekomendasi tentang cara meningkatkan pembelajaran di masa yang akan datang.
Evaluasi pembelajaran juga memberikan umpan balik kepada siswa dan guru mengenai proses pembelajaran yang telah dilakukan. Maha siswa dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka dalam memahami materi dan Dosen dapat mengetahui efektivitas metode pengajaran yang digunakan.